Padang Pariaman – Masyarakat di Nagari Limau Puruik, Kecamatan V Koto Timur, Padang Pariaman merasa bersyukur. Pondok tahfiz gratis akhirnya terwujud dan bisa berdiri megah tepat dipusat Nagari Limau Puruik.

Pondok tahfiz Al-falah itu dibangun oleh Polri Angkatan 2000 atau letting 19, yang dikenal dengan Dikmaba Two Thousand (DTT) dan Sepolwan Millenium Dua Empat (SMDE) yang diresmikan lansung oleh Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur bersama Kapolres Kota Pariaman, AKBP Abdul Aziz pada hari Jum’at (2/06/2023).

Ketua DTT Polres Pariaman dan Padang Pariaman, IPTU Rinto Alwi menyebutkan perencanaan pembangunan Pondok Tahfis Al-Falah DTT/SMDE Limau Purut itu dibentuk pada 2017 yang lalu.

“Dimana pada tahun itu, sedang bertugas di Polres Pariaman dan Padang Pariaman mulai merencanakan membangun pondok tahfis gratis agar generasi muda bisa belajar Quran,” ujar Rinto

Ia menjelaskan, proses demi proses untuk mewujudkan hal itu bermula dari iyuran untuk pembangunan rumah tahfis dengan cara memotong uang remonerasi tiap bulannya secara konsisten.

Setelah itu kata Rinto, tahun 2021 Wali Nagari dan Niniak Mamak Nagari Limau Puruik bersedia menghibahkan tanah untuk dibangun pondok tahfis tepatnya di depan kantor wali Nagari.

Tepat pada 2022 baru dibangun dengan uang yang hasil iuran dari letting 19 dan juga bantuan dari donatur lainya sekira Rp 180 juta. Terang, Rinto

Sementara itu, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyambut baik atas perjuangan dari anggota Polri kususnya anggota dari Polres Kota Pariaman, AKBP Abdul Aziz.

“Kita sangat berterimakasih atas perjuangan dari anggota Polri terkusus letting 19 yang mengumpul uang untuk membangun pondok Tahfiz dari uang remonerasi secara bertahap dan akhirnya bisa berdiri bangunan yang megah ini ” kata Suhatri Bur

Terpisah, Kapolres Kota Pariaman, AKBP Abdul Azis sangat apresiasi terhadap apa yang dilakukan oleh anggotanya dan bersama kawan-kawan Letting 19.

“Saya sangat apresiasi dengan kegiatan tersebut. Mereka melakukan hal yang benar dan semoga bisa berjalan dengan lancar sehingga tercipta generasi penghafal Quran,” sebut Azis.

Anggota DPD RI Asal Sumbar , Leonardy Harmaini yang saat itu juga hadir dilokasi dan didampingi oleh wakil ketua DPRD Kota Pariaman Mulyadi ketika ditanyai mengenai pembangunan pondok Tahfiz di Nagari Limau Puruik sangat menyambut baik dan mendukung penuh perjuangan bersama dari anggota Polri serta didukung oleh masyarakat dalam memberikan hibah tanah.

“Mudan-mudahan perjuangan ini, dalam mendirikan tempat belajarnya para generasi muda Islam kususnya untuk belajar Al-Qur’an mendapat Ridho dari Allah SWT, Semoga kedepanya bisa melahirkan generasi hebat” tutur Leonardy Harmaini sekaligus ketua umum Lemkari pusat. (H/F)

By Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *