Kota Pariaman – Proses pengawasan pemutakhiran data pemilih pada Pilkada 2024, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk seluruh Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) Se-Kecamatan Pariaman Timur di Aula Rumah Makan Sambalado, Kuraitaji-Pariaman. Kamis (27/6/2024)

Bimtek ini dihadiri langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Pariaman Riswan, Camat Pariaman Timur Arif Gunawan, serta Jajaran Panwascam Pariaman Timur (Ketua Y Vandu Elrachmat, Anifah Darwina, Husnul Fajri) dan diikuti oleh seluruh PKD Se-Kecamatan Pariaman Timur.

Ketua Panwascam Pariaman Timur, Y Vandu Elrachmat mengatakan “Bimtek ini bertujuan untuk memperkuat dan meningkatkan kapasitas PKD dalam proses pengawasan pamutakhiran data pemilih.”

“Kami berharap setelah bimtek ini PKD lebih optimal dalam mengawasi proses pemutakhiran data pemilih sehingga tidak ada warga yang kehilangan hak pilihnya.” Ujarnya.

Sedangkan, Ketua Bawaslu Kota Pariaman, Riswan dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh jajaran panwascam hingga PKD agar selalu menjaga kordinasi dengan seluruh stakeholder.

“tugas PKD tidak hanya mengawasi pemutakhiran data pemilih tapi masih ada tahapan-tahapan lainnya selama proses pilkada ini.”

Riswan mengingatkan “PKD harus memahami awal pemutakhiran data pemilih, yaitu memastikan petugas pantarlih memiliki legalitas dalam pecocokan data pemilih dan mengawal hak pilih warga.”

“Kita berharap partisipasi masyarakat dalam mengawasi proses coklit ini sehingga bisa berjalan sesuai dengan regulasi yang berlaku.”

Camat Pariaman Timur, Arif Gunawan, kami mengapresiasi adanya bimtek ini, dan harapan kami semoga PKD bisa melakukan dan menjalankan amanah dengan semestinya, sehingga proses pilkada dapat berjalan sukses dan lancar.

Dan kami juga berpesan, apabila ada ASN yang mungkin mengarah kepada tidak netralan ASN di wilayah pemerintah kecamatan pariaman timur, agar selalu memberitahu dan mengingatkan kami. Ungkap Arif. (F/H)

By Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *