Lebaran 2022, menyisakan banyak cerita di dua kota di Sumatera Barat yaitu Kota Padang dan Kota Pariaman yang sudah mulai dilirik oleh investor, wisatawan dan stakeholder lainnya, pasca covid-19 lalu yang mengakibatkan lumpuhnya pariwisata selama dua tahun terakhir.

Apalagi dengan membludaknya jumlah wisatawan dan pelancong di kota Pariaman, sehingga kita patut mengapresiasi kinerja Pemda dalam mengembangkan konsep Pariwisata beberapa tahun terakhir.

Tak berlebihan, Walikota Pariaman Genius Umar pun sampai memposting di medsos pribadinya terkait Pemko Pariaman setor PAD sekitar 320 juta dari retribusi selama sepekan festival pantai pariaman 2022 ke Bank Nagari untuk dimasukkan Ke Kas Daerah dan tercatat 360 ribuan pengunjung.

**

Di lain hal, beberapa hari terakhir kita juga di viralkan dengan adanya Investasi dari sektor pariwisata, yaitu “Marawa Beach Club” di kota Padang yang membuat milenial di sumbar berbondong-bondong ke sana.

“Marawa Beach Club” yang di gagas oleh Raffi Ahmad (Artis) ini seakan membuat kita berfikir bahwa pengusaha nasional mulai melirik sumbar. Investasi tentunya bisa menggeliatkan perekonomian dan menyerap tenaga kerja di sekitar pantai air manis Kota Padang.

Kedua, kita juga dihebohkan juga artis Andre Taulany dikabarkan juga akan berinvestasi di sektor pariwisata di Kota Bukitinggi.

Oleh karena itu, kita selalu memberikan masukan konstruktif pada Pemerintah Kota Pariaman agar terus meyakinkan pengusaha luar agar mau berinvestasi di kota Pariaman. tentunya dengan meyakinkan bahwa pariaman sangat “comfort” bagi pengusaha dalam pengembangan usaha agar tetap “going concern“. apalagi pariaman pernah dulu zaman kepemimpinan Mantan Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dengan slogan “Pariaman Open All People” nya.

Selain berbenah dan mempertahankan tatanan Pariwisata yang kondusif dengan terus mem “pricing“di kota Pariaman, pemda beserta stakeholder yang ada di Pariaman seyoganya mampu melihat peluang apalagi dengan fenomena investasi yang dilakukan oleh kedua artis nasional, Raffi Ahmad dan Andre Taulany di atas. Semoga Kota Pariaman selalu ramai pengunjung dan masuk 3 besar di sumbar dalam Pariwisata bergengsi di Sumatra Barat.

Penulis : Falens Ramadhan,SE

Pengurus NU , Aktivis dan Kahmi Pariaman

By Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *